Template Toko Online Blogspot
Home » , , » Mulai Merencanakan Toko Online Anda

Mulai Merencanakan Toko Online Anda

Saat ini semakin banyak orang melihat toko online sebagai peluang bisnis, sayangnya hanya sedikit dari mereka yang memulainya dengan serius. Sebagian hanya menjalankan toko online dengan coba-coba, sekedarnya dan tidak ada usaha yang cukup untuk mengelola toko onlinenya secara profesional. Akhirnya kebanyakan dari mereka tidak mampu bertahan atau sekedar bosan karena toko onlinenya tidak menghasilkan apa-apa.

Seperti bisnis lainnya, usaha toko online juga butuh perencanaan dan pertimbangan yang baik, bahkan mungkin butuh insvestasi untuk menghasilkan toko online yang efektif sebagai alat bisnis. Berikut beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan dengan matang sebelum memulai bisnis toko online :


1. Produk yang akan dijual


Jenis produk yang dijual sangat menentukan keberhasilan sebuah toko online. Bagi mereka yang telah memiliki usaha atau menjalankan bisnis retail secara offline dan ingin mulai mengembangkan penjualan melalui dunia online mungkin tidak perlu repot mempertimbangkan produk apa yang akan dijual karena toko online hanya merupakan perpanjangan tangan dari usaha offline yang sudah berjalan. Yang perlu dipertimbangkan hanyalah strategi marketing onlinenya atau apakah produk yang dimiliki berpeluang bagus untuk di jual secara online.

Harus anda pahami bahwa saat ini tidak semua jenis produk memiliki prospek yang bagus untuk dijual melalui toko online. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan sebelum memutuskan apakah produk yang akan anda jual melalui toko online memiliki prospek yang bagus. Cara paling mudah adalah menggunakan fitur Keyword Reseacrh Google Adwords. Masukkan keyword produk yang ingin anda jual, misalnya "Airsoftgun", pilih lokasi Indonesia dan pilihan bahasa All Language. Anda akan ditunjukkan berapa banyak pencarian berdasarkan kata kunci tersebut dalam sebulan. Berdasarkan hasil ini anda dapat memperkirakan prospek produk anda dijual secara online. Semakin banyak orang mencari produk anda secara online, prospeknya akan semakin baik.

Sebagai gambaran, berikut adalah jumlah rata-rata pencariann di Google menggunakan keyword-keyword berikut :
baju muslim = 450,000 pencarian/bulan
aksesoris mobil = 27,000 pencarian/bulan
airsoftgun = 368,000 pencarian/bulan
dvd bluray = 368,000 pencarian
game ps3 = 2,740,000 pencarian
sepatu branded = 6,600 pencarian
toko batik = 9,900 pencarian
susu bayi = 33,100 pencarian
kaca film = 40,500
baju bola = 33,000

Berdasarkan data diatas, anda bisa melihat dalam sebulan ada sekitar 33 ribu pencarian dengan kata kunci "baju bola". Sedangkan untuk kata kunci "airsoftgun" dan "dvd bluray" ada 300 ribu lebih pencarian dalam sebulan, artinya sebanyak itu jumlah pengguna internet yang mencari kedua produk itu secara online. Anda sudah bisa membayangkan prospeknya bukan? Tinggal bagaimana anda mampu membangun toko online yang berkualitas dan mampu bersaing.


2. Mempersiapkan Brand


Meskipun sebuah toko online pribadi, brand akan selalu penting bagi bisnis anda. Pikirkan nama yang menarik dan mudah diingat serta mampu merepresentasikan produk yang anda jual. Jangan lupa mempertimbangkan siapa target market anda. Ketika anda mulai memikirkan nama brand anda, tidak ada salahnya memeriksa ketersediaan domainnya juga. Saat ini mencari nama domain yang berakhiran .com dan .net sudah cukup sulit untuk nama-nama umum. Banyak nama domain yang sudah terpakai, dibutuhkan kejelian dalam membuat variasi-variasi kata dari nama brand anda menjadi sebuah nama domain. Untuk pengecekan ketersediaan nama domain anda bisa menggunakann fitur di www.domain.com.


3. Membangun toko online


Bagaimana anda akan membangun toko online anda? Apakah anda akan mencoba membangun sendiri dengan menggunakan software-software opensource di internet? Atau anda akan menyewa jasa profesional? Anda harus jeli dalam mempertimbangan hal ini karena berhubungan dengan investasi yang akan dikeluarkan serta ROI (return of investasi) yang akan dihasilkan dari toko online yang dibangun.

Software-software opensource untuk membangun toko online banyak tersedia di Internet. Pada dasarnya software-software ini disediakan secara gratis untuk membantu mereka yang ingin membangun toko online sendiri tanpa mengeluarkan biaya membayar jasa pembuatan website. Sebagaimana software gratisan, software toko online opensource ini sebetulnya dapat menjadi toko online yang powerful selama anda mengerti cara mengelola dan menjalankannya. Anda harus mampu mempelajari konfigurasinya. Meskipun opensource merupakan solusi murah dalam memulai toko online, namun dibutuhkan waktu bagi anda menguasai aplikasi ini dan waktu bagi anda untuk selalu memperbaiki sistem anda mengikut perkembangan opensource itu sendiri. Jika anda tidak memiliki waktu untuk itu, ada baiknya anda mempertimbangan menggunakan jasa pembuatan toko online.

Namun sebaiknya anda hati-hati dalam memilih jasa toko online. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah, dan kemudian kecewa pada akhirnya. Telitilah dengan hati-hati jasa-jasa pembuatan toko online yang ada. Karena kenyataannya sebagian besar jasa pembuatan toko online menggunakan opensource untuk membangun toko online dan menyerahkan kepada anda dengan segala masalah dan kerumitan sistem opensource tersebut. Jangan mudah percaya bahwa toko online yang mereka sediakan akan mudah dikelola dan lain-lain, karena toko online menggunakan opensource sangat kompleks pengelolaannya. Anda harus memiliki komitmen tinggi untuk bisa mengelola toko online berbasis opensource.

Teliti portfolio (daftar klien) jasa yang ingin anda gunakan, karena ada banyak jasa-jasa toko online murah yang memasang portfolio palsu dalam website mereka. Kalau anda mau meluangkan waktu sedikit mengunjungi website di daftar klien mereka anda akan menemukan alamat-alamat situs yang sebetulnya tidak ada.

Tidak ada salahnya menggunakan opensource kalau anda mau mempelajari dan memahami teknis-teknisnya sehingga anda mampu mengelolanya sendiri. Jika anda berpikir waktu anda sudah akan terkuras untuk menjalankan toko online itu sendiri dan tidak sanggup untuk mengatur konfigurasi-konfigurasi opensource yang rumit, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan jasa pembuatan website yang mampu mengerjakan toko online anda secara custom.

Faktor lain dalam mempertimbangkan jasa pembuatan toko online adalah kredibilitas jasa yang akan anda gunakn serta seberapa baik pelayanan mereka khususnya untuk pelayanan after-sales. 


4. Merencanakan Sistem Pembayaran


Untuk toko online personal anda tidak perlu terlalu jauh memikirkan sistem pembayaran. Transfer bank adalah yang paling mudah dan tepat untuk saat ini. Lupakan dulu pembayaran menggunakan kartu kredit, karena akan membutuhkan biaya besar untuk membangun website dengan integrasi pembayaran menggunakan Kartu Kredit, antara lain anda harus menggunakan jasa merchant Kartu kredit serta minimal harus menggunakan SSL Certificate untuk website anda untuk menjamin keamanan transaksi dimana anda harus berlangganan untuk mendapatkan layanan ini. Cukup lengkapi saja rekening Bank anda, minimal mencakup bank-bank yang banyak digunakan diseluruh penjuru Indonesia agar pembeli anda tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran. Sebagai saran, untuk menjalankan toko online minimal anda harus memiliki rekening di bank BCA, Mandiri dan BNI. Bank BCA dikenal sebagai bank swasata yang memiliki paling banyak nasabah di kota-kota besar, sedangkan untuk di daerah-daerah di dominasi oleh 2 bank lainnya.

Paypal dapat menjadi alternatif untuk pembayaran menggunakan kartu kredit, tapi sekali lagi pertimbangkan dulu efektifitasnya karena kenyataan saat ini masih sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan Paypal. Bagi mereka pembayaran menggunakan transfer bank adalah yang paling mudah, dan kemudahan berbelanja di toko online adalah idaman para online shopper.

5. Sistem pemesanan dan pengiriman barang

Sistem pemesanan lewat toko online biasanya standar menggunakan shopping cart dimana pesanan akan langsung masuk melalui email. Yang harus anda pikirkan adalah bagaimana proses anda menyiapkan barang, membungkusnya dan mengirimkan ke pelanggan. Jasa ekspedisi apa yang akan anda gunakan. Proses ini harus dijelaskan secara detail kepada pelanggan anda. Selain itu bagaimana anda menghitung ongkos kirim. Jika toko online anda menggunakan sistem otomatis dalam menghitung ongkos kirim berdasarkan lokasi pemesan, artinya anda harus menyediakan waktu untuk menimbang berat semua produk anda sebelum memasukkannya dalam katalog toko online. Cara yang paling mudah adalah dengan sistem follow-up setelah pesanan masuk. Pesanan yang masuk diteliti terlebih dahulu kemudian anda dapat membalas pesanan melalui email serta menyebutkan berapa ongkos kirimnya. sumber: onlinestoremurah.web.id


Jasa Pembuatan Toko Online Blogspot Murah

Kami melayani jasa pembuatan toko online untuk Para Blogger / para Awam yang belum mengenal blogger , tapi mau berjualan secara online mengunakan Blogger, tenang, Kini anda bisa menjual produk di blog blogger dengan template yang keren dari kami dan mudah mempergunakannya.

Jasa toko online pada umumnya, harganya berkisar 500 ribu sampai dengan 1 juta. Dan harga itu wajib Anda bayar tiap tahun selama Anda menggunakan toko online tersebut.
Tapi kini, Rp 400rb - Rp 200rb tapi hanya Rp 150 ribu saja, Anda sudah bisa memiliki toko online yang sangat keren. Oke....Apa kelebihan toko online kami :

Tidak perlu biaya tahunan
Anda tidak terbebani biaya hosting, domain dan jasa kontrak toko online tahunan. Yang mana jika Anda lupa membayarnya maka toko online Anda akan hilang. Dan Anda harus memulai lagi dari awal. 

Produk unlimited
Berapapun produk yang Anda punya, bisa langsung di input tanpa terbatas pada space. 

SEO friendly
Didalamnya telah di tanam script SEO, agar produk Anda senantiasa muncul pada halaman google, yang berarti akan meningkatnya omset penjualan Anda. 

User Friendly
Walaupun Anda baru mengenal internet, dijamin Anda bisa memanage dan mengoperasikan toko online ini.


Statistik

Menu ini untuk mengetahui tentang pengunjung toko online Anda, produk mana yang paling banyak dilihat, dari mana pengunjung toko online Anda, kata kunci apa yang dipakai dan sebagainya.

DLL

Untuk pemesanan jasa pembuatan toko online kepada kami silahkan sms ke no 087712974277 atau KLIK DISINI!

Ditulis Oleh : Unknown ~Template Toko Online Blogspot

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Mulai Merencanakan Toko Online Anda yang ditulis oleh Template Toko Online Blogspot By: Mas Zainul . Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa menyebutkan link sumbernya.

Blog, Updated at: 05.57

0 komentar:

Posting Komentar